Selasa, 19 April 2016

VISIT FACTORY


Apa sih Teknologi Industri Pertanian itu?
Kali ini, saya bakal nge share tentang jurusan saya sendiri, apakah itu? Teknologi Industri Pertanian atau disingkat TIP atau nama lainnya Agroindustri. Menurut kamu, apa sih yang kamu pikirkan setelah mendengar jurusan Teknologi Industri Pertanian? Hmm , Sawah? Pertanian? Sapi? Kerbau? Tanah? Rumput? Kalian salah. Jurusan Teknologi Industri Pertanian  gak pernah ke sawah loh. Tapi, setiap saya pulang ke lamongan dan orang-orang nanya “jurusan apa va?” dan saya jawab “Teknologi Industri Pertanian” dan jawaban dari sekian banyak umat manusia menjawab “oh pertanian” wkwkw Iya, walaupun saya baru semester 2 , tapi saya mau ngasih tau sama kalian terutama buat adek-adek yang kelas 12 yang bentar lagi mau pilih PTN sama jurusan di PTN itu, kalau jurusan TIP sama sekali gak pernah ke sawah. Saya tau itu dari dosen agroindustri saya. Di UISI (Universitas Internasiaonal Semen Indonesia), Teknologi Industri Pertanian (TIP), Teknik Logistik, Teknik Kimia, Manajemen Rekayasa mereka satu fakultas yang namanya FTIA (Fakultas Teknologi Industri & Agroindustri).
Mungkin sebagian dari adek-adek kelas 12 yang udah searching mengenai jurusan ada yang tahu kalau TIP itu tugasnya ngapain. Yaa namanya juga “agroindustri” yang merupakan kegiatan yang memanfaatkan hasil pertanian sebagai bahan baku, merancang dan menyediakan peralatan serta jasa untuk kegiatan tersebut.  Jurusan saya ini sudah membuat berbagai macam produk seperti , sinom brengos, nugget, pudding organic , bubuk cabe. Semua itu di pasarkan pada saat ada pameran apa aja yang ada di gresik.  Proses yang digunakan mencakup penyimpanan, pengemasan dan distribusi. Produk agroindustri ini merupakan produk yang siap dikonsums bagi masyarakat ataupun sebagai produk bahan baku industry lainnya. Jurusan ini lebih ke ruang lingkup industry nya gitu. Jangan ngutip “pertanian”nya tapi kutip “industry” nya. Kaya saya bilang sebelumnya kalau jurusan ini gak ke sawah.
Kalau di UISI , pas semester 1, TIP dapat mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi. Loh itu kan IPS, sedangkan TIP kan pas SBMPTN aja minta nya harus ujian SAINTEK? Iya emang, tapi disini TIP belajar ekonomi karena bakal berguna kalau buat kerja di perusahaan nanti, contohnya di matkul itu nanti belajar biaya produksi. Seperti yang saya jelaskan bahwa TIP UISI sudah membuat produksi , dimana kita nanti nganalisis gimaana sih caranya biar konsumen itu puas sama barang kita, kualitas sama kuantitas produk penting banget, jangan sampai jumlah produk banyak tapi kualitasnya kurang, bisa bisa konsumen gak mau konsumsi lagi. Pokoknya buat anak TIP itu, yang utama di perhatiin adalah kepuasan dan kebutuhan konsumen, kebayang kan bakal diperhatiin kaya gimana sama anak TIP wkwk.  Gak ada kesawah sawahnya kan ? karena TIP itu cuman bikin start dari bahan baku nya aja. Dari pas bahan baku nya udah jadi, udah punya kualitas tinggi, nah baru dari situ agroindustri beraksi wkwkwk. Intinya sih kata dosen saya gini, TIP menerapkan teknologi juga, industry nya juga, dan TIP itu termasuk “Off Fram” yang artinya yaa gak ke sawah. Saya sengaja ngasih tau gini supaya orang tahu dan yang dibayangkan adalah sawah wkwk.
Intinya TIP tuh Gimaana caranya kita atau perusahaan bisa mengeluarkan biaya yang se MINIMAL mungkin, tapi bisa mendapatkan keuntungan yang se MAKSIMAL mungkin, dan bisa memuaskan konsumen. Selain itu kita juga bisa meningkatkan nilai tambah suatu bahan baku, menciptkan produk dengan harga murah yang di sukai konsumen, tapi kualitasnya bagus. Yaa kira kira kaya gitu deh seru kan?  Wkwk.  Oh ya? Ada yang lebih seru lagi nih, di jurusan saya ini setiap semester kita melalukan kuliah lapangan atau kunjungan industry. Sebuah kunjungan yang sangat menyenangkan dan berbau rekreasi ini dapat kita lakukan di berbagai perusahan yaitu : PT Semen Tuban Persero (Tbk), Batik Tulis Gedhog  Tuban, PT. Yakult Indonesia Persada Ngoro dan PT. Campina Ice Cream.
PT. Yakult Indonesia Persada Ngoro
 


  
 
PT. Campina Ice Cream.
Sekian artikel dari saya mengenai jurusan Teknologi Industri  Pertanian – Universitas Internasional Semen Indonesia ( TIP UISI).

0 komentar:

Posting Komentar