Selasa, 19 April 2016

VISIT FACTORY


Apa sih Teknologi Industri Pertanian itu?
Kali ini, saya bakal nge share tentang jurusan saya sendiri, apakah itu? Teknologi Industri Pertanian atau disingkat TIP atau nama lainnya Agroindustri. Menurut kamu, apa sih yang kamu pikirkan setelah mendengar jurusan Teknologi Industri Pertanian? Hmm , Sawah? Pertanian? Sapi? Kerbau? Tanah? Rumput? Kalian salah. Jurusan Teknologi Industri Pertanian  gak pernah ke sawah loh. Tapi, setiap saya pulang ke lamongan dan orang-orang nanya “jurusan apa va?” dan saya jawab “Teknologi Industri Pertanian” dan jawaban dari sekian banyak umat manusia menjawab “oh pertanian” wkwkw Iya, walaupun saya baru semester 2 , tapi saya mau ngasih tau sama kalian terutama buat adek-adek yang kelas 12 yang bentar lagi mau pilih PTN sama jurusan di PTN itu, kalau jurusan TIP sama sekali gak pernah ke sawah. Saya tau itu dari dosen agroindustri saya. Di UISI (Universitas Internasiaonal Semen Indonesia), Teknologi Industri Pertanian (TIP), Teknik Logistik, Teknik Kimia, Manajemen Rekayasa mereka satu fakultas yang namanya FTIA (Fakultas Teknologi Industri & Agroindustri).
Mungkin sebagian dari adek-adek kelas 12 yang udah searching mengenai jurusan ada yang tahu kalau TIP itu tugasnya ngapain. Yaa namanya juga “agroindustri” yang merupakan kegiatan yang memanfaatkan hasil pertanian sebagai bahan baku, merancang dan menyediakan peralatan serta jasa untuk kegiatan tersebut.  Jurusan saya ini sudah membuat berbagai macam produk seperti , sinom brengos, nugget, pudding organic , bubuk cabe. Semua itu di pasarkan pada saat ada pameran apa aja yang ada di gresik.  Proses yang digunakan mencakup penyimpanan, pengemasan dan distribusi. Produk agroindustri ini merupakan produk yang siap dikonsums bagi masyarakat ataupun sebagai produk bahan baku industry lainnya. Jurusan ini lebih ke ruang lingkup industry nya gitu. Jangan ngutip “pertanian”nya tapi kutip “industry” nya. Kaya saya bilang sebelumnya kalau jurusan ini gak ke sawah.
Kalau di UISI , pas semester 1, TIP dapat mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi. Loh itu kan IPS, sedangkan TIP kan pas SBMPTN aja minta nya harus ujian SAINTEK? Iya emang, tapi disini TIP belajar ekonomi karena bakal berguna kalau buat kerja di perusahaan nanti, contohnya di matkul itu nanti belajar biaya produksi. Seperti yang saya jelaskan bahwa TIP UISI sudah membuat produksi , dimana kita nanti nganalisis gimaana sih caranya biar konsumen itu puas sama barang kita, kualitas sama kuantitas produk penting banget, jangan sampai jumlah produk banyak tapi kualitasnya kurang, bisa bisa konsumen gak mau konsumsi lagi. Pokoknya buat anak TIP itu, yang utama di perhatiin adalah kepuasan dan kebutuhan konsumen, kebayang kan bakal diperhatiin kaya gimana sama anak TIP wkwk.  Gak ada kesawah sawahnya kan ? karena TIP itu cuman bikin start dari bahan baku nya aja. Dari pas bahan baku nya udah jadi, udah punya kualitas tinggi, nah baru dari situ agroindustri beraksi wkwkwk. Intinya sih kata dosen saya gini, TIP menerapkan teknologi juga, industry nya juga, dan TIP itu termasuk “Off Fram” yang artinya yaa gak ke sawah. Saya sengaja ngasih tau gini supaya orang tahu dan yang dibayangkan adalah sawah wkwk.
Intinya TIP tuh Gimaana caranya kita atau perusahaan bisa mengeluarkan biaya yang se MINIMAL mungkin, tapi bisa mendapatkan keuntungan yang se MAKSIMAL mungkin, dan bisa memuaskan konsumen. Selain itu kita juga bisa meningkatkan nilai tambah suatu bahan baku, menciptkan produk dengan harga murah yang di sukai konsumen, tapi kualitasnya bagus. Yaa kira kira kaya gitu deh seru kan?  Wkwk.  Oh ya? Ada yang lebih seru lagi nih, di jurusan saya ini setiap semester kita melalukan kuliah lapangan atau kunjungan industry. Sebuah kunjungan yang sangat menyenangkan dan berbau rekreasi ini dapat kita lakukan di berbagai perusahan yaitu : PT Semen Tuban Persero (Tbk), Batik Tulis Gedhog  Tuban, PT. Yakult Indonesia Persada Ngoro dan PT. Campina Ice Cream.
PT. Yakult Indonesia Persada Ngoro
 


  
 
PT. Campina Ice Cream.
Sekian artikel dari saya mengenai jurusan Teknologi Industri  Pertanian – Universitas Internasional Semen Indonesia ( TIP UISI).

ABOUT TIP



ALL ABOUT AGROINDUSTRIAL TECHNOLOGY

Hallo wassup guys. Gimana kabar kalian ? semoga semuanya sehat selalu ya. Oke di tulisan kali ini saya akan membahas apasih Agroindustrial Technologhy ?. okey jika dibahasa indonesiakan berarti Teknologi Industri Pertanian. Program studi yang berada dalam naungan FTP (fakultas teknologi pertanian). Nah banak pertanyaan. “kak di TIP itu kita ngapain aja sih? , apa yang kita pelajari?, apa TIP itu kerjaanya macul dan turun kesawah ? “ . banyak tuh pertannya model kayak gitu yang ditanyakan ke saya dan teman2 TIP lainnya. Gini loh kalo ada yang bilang TIP itu kerjaannya Cuma cangkul main2 di sawah itu salah besar gan. Justru kita disini lebih mengedepankan proses mulai dari membuat produk sampai bagaimana caranya memasarkan produk tersebut ke masyarakat luas .
Oiya masih bahas TIP ya. Jadi gini Teknologi industri pertanian itu bidang pertanian yang berbasis di teknologi industri jadi kalo kalian bayangin ya jangan bayangin sawah sama cangkulny  Tapi coba bayangin Industri yang besar banget..kalian pasti pada kaget kalo di TIP kita juga belajar ekonomi. Nah gunanya itu gima kita dengan modal kecil tapi mendapatkan laba sebesar besarnya.
Di TIP juga ada mata kuliah. Mikrobiologi pangan yang berguna mengetahui mikrobiologi apa saja yang terdapat di bahan pangan tersebut. ada juga belajar gambar teknik yang tujuan nanti kita dapat menggambarkan alat teknologi sederhana yang sudah kita buat. Ada lagi yang buat suka matematika disini kita akan belajar statistika gunanya untuk peluang yang akan terpakai di dunia kerja nanti. Terakhir ada perhitungan dasar rekayasa proses. Yang nantinya akan sangat terpakai di dunia industri.
            Lulusan TIP nanti kerja dimana ?
Ekhem. Nah ini sekali lagi saya jelasin lulusan TIP itu bukan bajak sawah tapi lulusan TIP itu jadi PETANI BERDASI. Gak kebayang kan jadi bossnya petani petani di Indonesia. Kalian juga bsa kerja di kementrian pertanian, dinas pertanian dan riset tentang pertanian. Jadi gausah bingung lagi kalian pasti gabakal jurusan kalo masuk TIP. Karena pada basicnya Indonesia itu Negara agraris jadi gamungkin kalo lulusan TIP gadipake di dunia kerja. Maka dari itu kalian harus semangat belajar dan terus berinovasi agar pertanian di Indonesia semakin maju dan berkembang. AMIIN.
BRAVO TIP
Created : Hanif  aziz

Senin, 18 April 2016

SEKILAS TENTANG TIP

Good Choice Good Agroindustrial Technology
Pernah denger yang namanya Teknologi  Industri Pertanian ? pasti semuanya udah pesimis kalo denger yang namanya pertanian. Emang ngapain aja sih teknologi industry pertanian ? nyangkul disawah ? menanam padi ? pandangan dari orang luar yang belum mengenal betul bagaimana menjadi salah satu mahasiswa pertanian. Jangan salah pertanian juga memiliki banyak cabang yang gak kalah menarik dan canggih. Contohnya saja bagi yang suka otak atik mesin, pertanian juga punya keteknikan pertanian. Yang mau menyelubungi dunia bisnis ada Agribisnis, yang suka dengan teknologi tapi masih ada hubungannya dengan pertanian ada Agroekoteknologi. Banyak juga ya macam-macamnya tinggal passion dan minat kamu dimana. Gak perlu gengsi buat membanggakan jurusan pertanian, Indonesia merupakan Negara yang kaya akan hasil pangan kalo bukan dari petani siapa yang akan mengolah menjadi bahan yang lebih berguna. Kalo masuk jurusan pertanian bisa bebas dari mata kuliah yang eksak ya ? salah besar kalo beranggapan seperti itu. Maupun kuliah masuk jurusan apa aja yang selain seni ya, itu pasti ada mata kuliah eksak. Malah di pertanian gak kalah gregetnya yang eksak, jadi jangan takut masuk pertanian bakal ketemu sama yang namanya kalkulus. Khususnya di Teknologi Industri Pertanian apa yang dipelajari merupakan kompleks, bisnis juga dapat, teknologi juga masuk, manajemen juga ikut dan masih banyak lagi. Itu merupakan keunggulan dari Teknologi Industri pertanian, gak ada salahnya kok kalo gelar sarjana pertanian. Terus kerjanya nanti ngapain ? apa iya pergi ke sawah ? iya pergi ke sawah cuma lewat aja soalnya kerjanya dipabrik industry ataupun perusahaan. Jadi hilangkan pikiran dalam memikirkan pertanian itu hanya mencangkul saja. Teknologi Industri Pertanian juga mempelajari mikrobiologi dalam pangan, kimia pangan. Tuh kurang canggih apa anak Pertanian ? gak Cuma anak Pangan aja yang bisa mempelajari bagaimana luar dalamnya pangan. Anak Teknologi Industri Pertanian juga punya kok, bagaimana cara mempelajari fermentasi makanan dan kandungan yang ada didalam pangan. Pasti bosen ya kuliah Cuma dating ke kampus lalu pulang, tenang saja untuk itu disini ada Kuliah Lapangan yang kita terjun langsung melihat bagaimana cara kerja didalam industri. Untuk mewujudkan lebih menonjolkan Pertanian, Teknologi Industri Pertanian memiliki Green House. Yang juga secara tidak langsung terjun dalam bagaimana cara mengolah tanaman dan memanen sampai memanfaatkan bahan panen menjadi produk. Masih berpikir dua kali buat masuk jurusan Teknologi Industri Pertanian ? yang jelas kalian akan  berpikir dua kali kalau gak masuk jurusan Teknologi Industri Pertanian. So, you must self confidence to choose what you want.

APA ITU TIP ?


Kali ini, saya bakal coba nge share tentang jurusan saya sendiri, apakah ituuu Teknologi Industri pertanian ...? ciat ciat ciaaaattt.... wkwkw. Yak benar, Teknologi Industri Pertanian atau biasa disingkat TIP atau nama lain nya Agroindustri. Sebelum saya mulai, saya mau nanya dulu nih. Menurut kalian, apa yang kalian pikirkan setelah mendengar jurusan Teknologi Industri Pertanian? Let me guess.... Sawah? Pertanian? Sapi? Kerbau? Tanah? Rumput? dll.... Hmm, salah.... :p. Jurusan Teknologi Industri Pertanian gak pernah ke sawah :p
Teknologi Industri Pertanian didefinisikan sebagai disiplin ilmu terapan yang menitikberatkan pada perencanaan, perancangan, pengembangan, evaluasi suatu sistem terpadu (meliputi manusia, bahan, informasi, peralatan dan energi) pada kegiatanagroindustri untuk mencapai kinerja (efisiensi dan efektivitas) yang optimal. Disiplin ini menerapkan matematika, fisika, kimia/biokimia, ilmu-ilmu sosial ekonomi, prinsip-prinsip dan metodokaliangi dalam menganalisis dan merancang agar mampu memperkirakan dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dari sistem terpadu agroindustri. Sebagai paduan dari dua disiplin, teknik proses dan teknik industri dengan objek formalnya adalah pendayagunaan hasil pertanian.
Teknologi Industri Pertanian memiliki bidang kajian sebagai berikut :
1.   Sistem teknologi proses industri pertanian, kegiatan pertanian yang berkaitan dengan perencanaan, instalasi dan perbaikan suatu sistem terpadu yang terdiri atas bahan, sumberdaya, peraltan dan energi pada pabrik agroindustri.
2.   Manajemen industri, kajian yang berkaitan dengan perencanaan, pengoperasian dan perbaikan suatu sistem terpadu pada permasalahan sistem usaha agroindustri.
3.   Teknoekonomi agroindustri, kajian yang berkaitan dengan perencanaan, analisis dan perumusan kebijakan suatu sistem terpadu pada permasalahan sektor agroindustri.
4.   Manajemen mutu, penerapan prinsip-prinsip manajemen (perencanaan, penerapan dan perbaikan) pada bahan (dasar, baku), sistem proses, produk, dan lingkungan untuk mencapai taraf mutu yang ditetapkan.
Kegiatan hilir dari pertanian berupa penanganan, pengolahan, distribusi dan pemasaran yang semula secara sederhana dan tercakup dalam teknologi hasil pertanian, berkembang menjadi lebih luas dengan pendekatan dari sistem Industri

MEKANISME PENDAFTARAN LKTIN

Salam Semangat, Para Generasi Emas Bangsa
Ini ada ralat tentang mekanisme pendaftaran LKTI, Mohon pengertian
Teknologi Industri Pertanian - UISI dengan bangga mempersembahkan " Agroindustrial Competition Day " Dengan mengadakan beberapa event yang sangat menarik. Ini salah satu mekanisme pendaftaran Lomba Karya Tulis Ilmiah. Jadi ? Jangan Sampai ketinggalan ya. Mekanisme pedaftaran lktin dapat diunduh pada link dibawah ini :

MEKANISME PENDAFTARAN LKTIN

Mari Bersemangat, Mari Berkarya, Untuk Indonesia !

Sabtu, 16 April 2016

FOENICULUM VULGARE

Fennel (Foeniculum vulgare) is a flowering plant species in the carrot family. It is a highly aromatic and flavorful herb with culinary and medicinal uses and, along with the similar-tasting anise, is one of the primary ingredients of absinthe. This plant easily found in the surrounding mountains and cold temperate regions. Fennel plant is commonly used as an ingredient to make "telon oil" which often used for babies oil.
Fennel is widely cultivated, both in its native range and elsewhere, for its edible, strongly flavored leaves and fruits. Its aniseed flavor comes from anethole, an aromatic compound also found in anise and star anise, and its taste and aroma are similar to theirs, though usually not as strong.
All parts of this commodity can be used in many of the culinary traditions of the world. In the pharmaceutical world, it commonly used to treat amenhorrea, angina, asthma, anxiety, depression, heartburn, water retention, lower blood pressure, boost libido, respiratory congestion, coughs and has been indicated for high blood pressure and to boost sexual desire. It is also used for cancer patients after radiation and chemotherapy treatments to help rebuild the digestive system. Fennel relaxes the smooth muscle lining the digestive tract (making it an antispasmodic). It also helps expel gas.
So many benefits that can be obtained from the fennel, so this plant is widely cultivated, including in Indonesia.
So, do you interest to cultivate this plant? smile emotikon

Rabu, 13 April 2016

LOMBA LKTIN


     Salam Semangat , Generasi Emas Penerus Bangsa
Teknologi Industri Pertanian dengan bangga mempersembahkan “Agroindustrial Competition Day” dengan mengadakan beberapa event yang menarik. Diantaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional. Formulir dapat diunduh pada link berikut :
Formulir Pendaftaran LKTI
Mari Bersemangat, Mari Berkarya, Untuk Indonesia !

LOMBA CERDASCERMAT




     Salam Semangat, Generasi Emas Penerus Bangsa Teknologi Industri Pertanian dengan bangga mempersembahkan "Agroindustrial Competition Day" dengan mengadakan beberapa event yang menarik. Diantaranya Lomba Cerdas Cermat Tingkat Nasional.
Formulir dapat diunduh pada link berikut :
Formulir Lomba Cerdas Cermat
Mekanisme penulisannya dapat diunduh pada link berikut :
Mekanisme Pendaftaran - Cerdas Cermat
Mari Bersemangat, Mari Berkarya, Untuk Indonesia !

Selasa, 05 April 2016

KUNJUNGAN INDUSTRI

KUNJUNGAN INDUSTRI UNIVERSITAS INETRNASIONAL SEMEN INDONESIA DEPARTEMEN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN
~Kunjungan industri ke BATIK TULIS TENUN GEDOG “SEKAR AYU” yang bertempat di DESA KEDUNG REJO KEC.KEREK KAB.TUBAN JAWA TIMUR dilakukan supaya mahasiswa dari departemen TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN dapat mengerti cara membuat batik tulis tenun dan supaya mahasiswa dapat mengembangkan pemikiran yang inovatif serta menjurus pada jurusan TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN UNIVERSITAS INTERNASIONAL SEMEN INDONESIA.